Nasi Kerabu ( Si Biru ) Yang Terkenal dari Negeri Jiran Malaysia



Jagat Resep - Terlihat aneh mungkin, tapi benar adanya. Nasi Kerabu atau yang lazim di sebut "Si Biru" merupakan salah satu hidangan khas Malaysia yang memiliki tampilan warna yang unik. Warna nasi kerabu bukan putih, melainkan biru.

Hidangan ini biasa dimakan dengan ikan kering atau ayam goreng, kerupuk, dan acar. Warna biru pada nasi kerabu dihasilkan dari kelopak bunga Clitoria ternatea atau biasa disebut kembang telang.

Nasi kerabu sangat populer di pantai timur negara bagian Malaya seperti Kelantan dan Terengganu, dan sekarang juga dapat ditemukan di seluruh Malaysia serta di Thailand selatan, di mana makanan ini dikenal dengan nama khaoyam.

Nasi kerabu sebetulnya masih bersaudara dengan nasi ulam. Nasi ulam adalah hidangan nasi yang dicampur dengan berbagai bumbu, terutama daun pegagan atau sering diganti dengan kemangi, sayuran, rempah-rempah dan dihidangkan dengan berbagai lauk.

0 comments

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Glult
Designed by Glult
..
Back to top