7 Jenis Makanan Yang Bikin Perut Kembung


Jagat Resep - Pilihan makanan yang enak dan lezat adalah penentu dalam membangkitkan selera makan. Tetepi tidak semua makanan yang kita konsumsi itu barakibat baik atau sehat bagi tubuh kita. Akibat pemilihan menu yang tidak sehat tersebut membuat perut kita kembung, begah bahkan menjadi buncit. Makanan yang kita konsumsi memang seringkali bisa memicu penumpukan gas di dalam perut. Hal ini bila dibiarkan bisa menurunkan kondisi kesehatan Anda. Untuk menghindari perut kembung dan rasa tidak nyaman setelah makan, alangkah baiknya di simak makanan apa saja sih yang harus di hindari.


1. Makanan Berbumbu Pedas
Makanan pedas memang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme dan membuat rasa lebih nikmat. Namun makanan pedas juga bisa mempengaruhi proses pencernaan dan menyebabkan rasa panas di dalam perut.

2. Makanan Pati
Makanan dalam bentuk pati seperti pati beras, jagung, gandum, roti dan sebagainya memang bisa menyebabkan perut terasa kembung. Hal ini karena karbohidrat cukup menyita waktu untuk dicerna, sementara kita mengonsumsi karbohidrat seringkali dalam jumlah banyak per harinya.

3. Kubis
Makanan yang satu ini memang termasuk sayuran. Namun dalam sebuah kubis juga terdapat gas-gas yang bisa membuat perut kembung dan begah.

4. Buah-Buahan
Beberapa orang mengalami masalah dengan fruktosa dalam buah-buahan. Bila Anda seringkali merasa kembung setelah makan banyak buah-buahan, bisa jadi fruktosa tidak cukup ramah untuk perut Anda. Namun tidak mengapa, makanlah buah tersebut perlahan agar tidak cepat merasa kembung.

5. Gorengan
Makanan yang satu ini memang sangat nikmat untuk dikonsumsi. Sayangnya, gorengan juga bisa menyebabkan kembung. Hal ini karena minyak yang bersifat panas dan gorengan sendiri adalah bahan makanan yang seringkali terbuat dari pati tepung. Jadi, batasi makan gorengan agar tidak menumpuk gas di dalam perut.

6. Makanan Kemasan Dengan Kandungan Garam Tinggi
Hindari konsumsi makanan berupa snack yang mengandung garam dalam dosis tinggi. Makanan seperti ini memang enak, namun sodium dalam makanan menyebabkan air tertahan dan lebih banyak gas yang ada di dalam perut.

7. Produk Susu
Kandungan laktosa dalam minuman susu juga bisa membuat perut kita kembung dan sering mengeluarkan gas. Hal ini biasanya disebut lactose intolerance yang mirip dengan mereka yang bermasalah dengan fruktosa.

2 comments

  1. thanks banget kang admin infornya. semoga maju terus dengan blognya.

    ReplyDelete
  2. All I hear is a bunch of whining about something that you could fix if you werent too busy looking for attention.
    cara mengobati paru-paru basah
    cara mengatasi maag

    ReplyDelete

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Glult
Designed by Glult
..
Back to top